Selasa, 14 Juni 2016

Jaga Pola Makan saat Berpuasa


dr Lukas


PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Sejumlah penyakit yang kerap muncul saat bulan Ramadan sebagian besar terjadi disebabkan karena masyarakat tidak memperhatikan pola makan. Sejumlah penyakit yang kerap muncul tersebut di antaranya seperti diare, asam lambung, gangguan saluran pernapasan serta sejumlah penyakit lainnya. 

“Ini biasanya terjadi di awal-awal bulan puasa seperti saat ini. Hal itu disebabkan salah satunya karena pola makan kita yang berubah tidak seperti pada hari-hari biasa ketika tidak berpuasa. Ketika kita berbuka puasa, berbagai menu dikonsumsi dalam waktu bersamaan, biasanya cenderung berlebihan dan tidak terkontrol,  sehingga tubuh mengalami perubahan, “ terang Dokter Lukas, saat dihubungi  di Penajam Paser Utara (PPU), Selasa, (14/6/2016).  

Namun kata dia, biasanya gangguan-gangguan kesehatan pada tubuh tersebut tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Hal ini terjadi karena penyesuaian tubuh manusia terhadap kondisi yang ada. Namun demikian kata dia, pola makan saat berpuasa tetap harus benar-benar diperhatikan dan dijaga, sehingga tubuh selalu sehat ibadah puasa pun menjadi lancar. 

“Salah satunya, pada saat berpuasa hendaknya kita perbanyak mengkonsumsi air putih baik ketika melaksanakan sahur maupun saat berbuka puasa. Kemudian pada saat berbuka puasa, kita dianjurkan juga agar mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis-manis,“ terangnya.  
Selain itu dirinya menganjurkan agar masyarakat menghindari konsumsi minuman yang bisa membuat dehidrasi seperti kopi dan soda serta menghindari makanan yang digoreng dan terlalu pedas selama bulan puasa, karena dapat memicu masalah kesehatan pada tubuh manusia. 
 "Saya sarankan juga agar dapat mengonsumsi makanan yang diolah dengan direbus atau dipanggang bukan makanan berminyak tinggi atau goreng-gorengan. Perbanyak makanan berprotein dan kuranngi porsi karbohidrat selama puasa," kata dia. 
Penyebab lainnya kata dia bisa juga karena hal lain seperti  kurang tidur dan musim yang tidak menentu. Dalam kondisi ini, daya tahan tubuh akan menjadi berkurang, sehingga berbagai penyakit mudah masuk ke dalam tubuh manusia. 
“Semoga tips sehat ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten PPU, sehingga ibadah puasa yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkas Lukas yang  merupakan salah satu dokter di RSUD Nipah-nipah PPU ini. (humas6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com