Sabtu, 25 Juni 2016

Jonan : Pelayanan Semayang Meningkat Signifikan

BALIKPAPAN.KABARKALTIM.CO.ID -  Perbaikan dan peningkatan mutu dan pelayanan signifikan ditunjukkan Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur. Demikian penilaian yang diberikan oleh Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

"Tahun lalu tidak ada AC (di ruang tunggu penumpang), sekarang sudah ada. Ada juga tambahan mesin x-ray," kata Menhub di Pelabuhan Semayang, Jumat.

Jonan membandingkannya dengan inspeksi mendadak yang dilakukannya saat persiapan mudik Idul Fitri 1436 Hijriah.
Tak lupa Jonan sempat meminta para operator di Pelindo belajar kepada para operator di Angkasa Pura (Bandara) agar lebih lancar dalam pengoperasiannya

Menurutnya, keberadaan fasilitas dan tools  metal detector tidak akan menghambat arus penumpang di pelabuhan walaupun penumpang kapal laut membawa barang yang banyak, justru ini akan menjadi salah satu prosesi penting yang akan meningkatkan mutu pelayanan di pelabuhan.

"Penumpang kapal laut setahun `nggak` ada dua juta di seluruh Indonesia. Penumpang pesawat udara hampir 80 juta setahun itu lancar `nggak` apa-apa tuh," paparnya.

Bahkan lebih jauh Jonan mengharapkan,  guna meningkatkan kenyamanan penumpang nantinya di Pelabuhan Semayang akan ada garbarata guna  memudahkan penumpang naik ke kapal seperti halnya yang sudah diberlakukan di Pelabuhan Makassar Sulawesi Selatan.

Berkaitan dengan masalah pertiketan , Jonan menekankan, Untuk kerapian dan kenyamanan pelabuhan, serta kemudahan penumpang, sejak 2015 Kementerian Perhubungan memberlakukan aturan tidak ada lagi penjualan tiket kapal di pelabuhan. Menurutnya, penjualan tiket secara online akan jauh lebih effisien dan memudahkan penumpang mendapatkan tiket sesuai jadwal yang dikehendaki penumpang.

"Yang besar-besar sudah, seperti Pelni, Darma Lautan. Yang kecil-kecil kita kasih waktu enam bulan untuk menyiapkan penjualan tiket online itu," katanya. (jp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com