Sabtu, 03 September 2016

Pemkot Tarakan Gandeng MSI Atasi Defisit Anggaran

TARAKAN.KABARKALTARA.CO.ID - Kebijakan Pemerintah Pusat merombak besaran Dana Bagi Hasil untuk daerah berimbas banyak hal pada perputaran operasional pemerintah daerah. Pun demikian yang teralami oleh Pemerintah Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Defisit anggaran tahun 2016 merupakan pil pahit yang harus ditelan.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kota Tarakan tak mau tinggal diam dengan mengambil langkah  mengajukan pinjaman dana untuk menalangi defisit anggaran pada APBD 2016 kepada PT Multi Sarana Infrastruktur, perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Negara. 
 Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Kota Tarakan Arbain membenarkan hal ini. Terkonfirmasi melalui pernyataan tertulinya pada kamis (1/9) yang lalu di Tarakan, bahwapeminjaman dana dilakukan Pemkot Tarakan berkaitan dengan defisit anggaran yang dialami sejak beberapa tahun terakhir.

"Karena terjadi defisit anggaran maka Pemkot Tarakan memutar otak untuk menutupi kekurangan dana pembangunan yang terlanjur masuk pagu APBD 2016," katanya.

Pemerintah Kota terpaksa melakukan hal ini (pinjam.red) lantaran pemerintah tidak bisa mengajukan pinjaman pada Bankaltim karena terkendala persyaratan untuk pembiayaan

Lebih lanjut Arbain menyebutkan bahwa  pinjaman yang diajukan kepada PT SMI sebesar Rp.400 miliar yang sedang diproses, di mana pinjaman ini  juga termasuk dalam struktur APBD Perubahan 2016 Pemkot Tarakan. 

PT. SMI adalah perusahaan BUMN yang menyediakan dana untuk pinjaman pembangunan infrastruktur daerah yang mana dana yang digunakan juga berasal dari APBN. 

Sedangkan bidang yang akan menggunakan pinjaman itu meliputi infrastruktur transportasi, jalan, pengairan, air minum, air limbah, telekomunikasi, ketenagalistrikan, minyak dan gas bumi, serta infrastruktur lain atas persetujuan Pemerintah Pusat melalui Menteri Keuangan.  (pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081254235977, 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com