Selasa, 15 Agustus 2017

Inilah Cara Cerdas Kapolsek Sebatik Timur Tekan Kriminalitas


Oman Purnama memaparkan cara kerja jajarannya
NUNUKAN, KABARKALTARA.CO.ID-Tindakan preventif yang dilakukan Kapolsek Sebatik Timur AKP Oman Purnama, mampu membuat wilayahnya yang meliputi tiga kecamatan dalam situasi yang kondusif. Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terjaga dengan baik, termasuk tindak kriminal juga menurun drastis. 

Indikator tingkat kriminal wilayah hukum Polsek Sebatik Timur menurun, karena jumlah kejadian dibanding tahun-tahun sebelumnya, sangat jauh berkurang.  "Kejahatan menurun drastis, angka kejahatan berkurang drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya," aku Kapolsek ditemui kabarkatara.co.id Senin (14/8/2017) malam di ruang kerjanya. 

"Dulu tindak pencurian cukup banyak, saat ini drastis menurun. Memang kasus narkoba mendominasi, tapi jumlahnya juga menurun dibanding tahun sebelumnya," imbuh Oman yang lama bertugas di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kapolsek memaparkan, pihaknya menerapkan patroli rutin setiap malamnya, menyusuri ketiga wilayah kecamatan yaitu Sebatik Timur, Sebatik Induk dan Utara. Selai mobilitasi tim patroli yang rutin, Oman juga memerintahkan Babinkamtibmas yang ada selalu sambang desa setiap harinya. 

"Jadi kami lebih mengutamakan preventif, memutus antara niat dan kesempatan. Para Babinkamtibmas aktif melakukan pembinaan kepada warga agar sadar hukum. Penting pula selalu kami sampaikan kepada setiap warga, jadilah polisi bagi diri sendiri. Setidaknya menjaga diri sendiri, tidak berbuat kejahatan atau melakukan pelanggaran hukum. Dengan menjadi polisi bagi diri sendiri, sangat membantu aparat," urai dia yang mengakui, secara jumlah personel masih terbatas untuk membawahi tiga kecamatan. 

"Di Sebatik Utara ada 3 desa, Timur ada 4 desa dan Sebatik Induk ada 4 desa . Kemitraan dengan tokoh-tokoh masyarakat juga kami lakukan, jadi ada kerja sama yang baik," urai dia yang mendorong jajarannya mampu menjadi pemecah masalah bagi masyarakat (probem solving). 

Kapolsek Oman juga mengajak jajarannya, dalam setiap kasus yang ditangani tidak hanya selesai dalam penegakan hukum, namun anatominya pun dipelajari dan diselami. Mengapa kasus itu bisa terjadi? Apa penyabnya, dan bagaimana cara mencegah atau mengatasinya. 

"Asal ada ada kemauan, pasti ada jalan. Seperti dalam penanganan kasus narkoba, berbagai antisipasi atau pencegahan yang terus inovatif kami lakukan," tegas Kapolsek Oman. (tim kk)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com