Selasa, 27 Juni 2023

MAI Tolak Rencana Pemerintah Jepang Buang Limbah Nuklir ke Samudera Pasifik

 

Prof Rokhmin (tengah) dan Sekjen MAI
JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID - Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) atau Indonesia Aquacultur Society dan Gerakan Nelayan Tani Indonesia menolak rencana Pemerintah Jepang untuk membuang limbah nuklir dari bekas reaktor nuklir Fukhushima ke Samudera (Lautan) Pasifik. 

"Kami menolak rencana tersebut, dengan alasan limbah cair nuklir mengandung radioaktif Tritium, Cesium-137 dan Carbon-14," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), Prof Dr Rokhmin Dahuri MS dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (27/6/2023). 

Menurut Tokyo Electric Power Company (TEPCO), jelasnya, bahwa limbah cair nuklir yang akan dibuang tersebut mengandung Cesium-137 dengan kadar (konsentrasi) sebesar 18.000 becquerel per kilogram. Kadar sebesar ini 180 kali lipat lebih besar dari ambang batas konsentrasi Cs-137 yang dibolehkan di dalam ekosistem laut. 

"Oleh karena itu, limbah cair nuklir ini akan membahayakan ekosistem laut dan mematikan ikan dan biota laut lain yang hidup di dalamnya," tandasnya. 

Limbah nuklir (radioaktif) ini akan masuk ke dalam sistem rantai makanan, yang akhirnya akan terakumulasi di dalam jaringan tubuh manusia yang mengkonsumsinya. Seperti yang telah menimpa korban limbah nuklir (radioaktif) bom atom Sekutu di Kota Hiroshima dan Nagasaki dan limbah nuklir dari Reaktor Nuklir Chernobyl. 

"Dampak limbah nuklir itu memakan korban jiwa ribuan manusia, dan dampak berbagai jenis penyakit, terutama kanker dan mutasi genetik, yang bersifat jangka Panjang kepada manusia yang terpapar limbah radioaktif tersebut," tuturnya. 

Prof Rokhmin Dahuri menegaskan, mengingat waktu paruh radioaktif ini sangat lama, dan limbah nuklir ini akan terbawa oleh arus dan gelombang laut ke seluruh laut dunia. Maka ini tidak hanya akan membahayakan kehidupan bangsa di sekitar lokasi pembuangan, tetapi juga bangsa-bangsa lain di dunia. 

"Mayoritas negara-negara di sekitar Samudera sudah menolaknya," ungkapnya. "Sesungguhnya ada alternatif tekonolgi lain pembuangan nuklir yang lebih aman secara lingkungan hidup maupun kesehatan manusia," sambungnya.  

Senada disampaikan Denny D Indrajaya, Sekjen MAI, bahwa pembuangan limbah sudah ada sistemnya. "Dimasukkan tanki-tanki yang begitu kedap yang tidak bisa tercemari sampai ribuan tahun, dipendam di dasar laut. Artinya kenapa itu tidak dilakukan. Apalagi teknologi sekarang saya yakin lebih maju," ujar Denny. 

Dia mengaku pernah belajar ekonomi lingkungan di Australia, bahwa semuanya bisa diperhitungkan. Antara kepentingan lingkungan yang sangat ekstrem dan kepentingan ekonomi, apapun harus untung. 

"Kita mencari titik tengah antara ekonomi lingkungan bagaimana? Ekonomi bisa untung dan lingkungan bisa aman," jelasnya. Artinya, kata Denny, Jepang harus mempertimbangkan kembali. "Maka, kalau Jepang membuang limbah nuklir sama saja bunuh diri. Kita yang kena, baik negara-negara tetangga juga seluruh dunia. Karena kita tahu limbah nuklir itu terurainya lebih ribuan tahun. Radio aktif itu tidak mudah terurai secara alami. Seperti Chernobyl saja kita lihat puluhan tahun, itu pun jadi kota mati," tandasnya. 

Sementara itu, Sekjen Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) M Amma Bonapon mengatakan, imbasnya akan merugikan perikanan tangkap, juga para petani. "Kami komitmen akan mengawal soal isu yang berkembang saat ini," kata Amma Bonapon. (*/kg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081254235977, 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com