Jumat, 19 April 2024

IKN Beda dengan Jakarta, Warga Kaltim Jangan Terlalu Berharap

catatan : suriansyah (prof) - ketua umum gepak kuning 

Suriansyah muda semasa di Jakarta
SEMASA masih muda, saya merantau ke Jakarta - Ibu Kota Republik Indonesia,  akhir tahun 1984. Dan pulang kampung ke Kalimantan Timur, awal tahun 1999. Selama 15 tahun saya menjadi warga Jakarta. Melihat Jakarta dulu, begitu sederhana tidak seperti Jakarta sekarang. 

Kota Jakarta sudah terbentuk sebagai ibu kota, begitu juga kota penyangga seperti Kota Bekasi, Depok, Tangerang maupun Kota Bogor. Tak terasa, sudah 40 tahun  saya melihat perubahan yang begitu hebatnya, sehingga Jakarta menjadi kota yang mewah pusat ekonomi, perkantoran, bisnis, semuanya berpusat di Jakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia. 

Sekarang saya menyikapi tentang Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai mayarakat asli Kota Balikpapan - Kalimantan Timur, saya mendukung pembangunan IKN 100%. Tapi, kita jangan terlalu berharap juga tentang IKN bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan rakyat Indonesia, khususnya Kalimantan Timur. 

Apa sebabnya? Dikarenakan beda pimpinan, beda juga kemauannya, walaupun sudah ada UU. Masalahnya, yang mau dibangun itu adalah wilayah hutan belantara yang belum banyak penghuninya, beda dengan Jakarta yang sudah ada warganya, pusat perkantoran dan lainnya. 

Jadi berapa puluh tahun baru bisa terbentuk ibu kota seperti Jakarta dari tahun 19... sampai dengan 2024? Bagi para pengusaha, investor, pasti berpikir akan membangun usaha di IKN. Yang logika saja, ngapain kita membangun usaha di tengah hutan yang jauh dari segalanya, mendingan membangun usaha yang sudah jelas ada fasilitas segalanya. 

Jadi warga Kalimantan timur khususnya Kota Balikpapan, jangan berharap IKN bisa berjalan lancar, karena sudah beda pimpinan yaitu presiden. IKN bisa berjalan, tapi jalan di tempat. Bisa jadi nanti seperti Hambalang yang sudah lumutan tidak ada yang melanjutkan karena beda presiden. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081254235977, 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com