Senin, 21 September 2015

Taman Komik Nusantara Rayakan Hari Perdamaian Internasional di Balai Kota Jakarta

REPORTASE : ENDAH PRIYATI  (PENDIRI TAMAN KOMIK NUSANTARA)
TAMAN Komik Nusantara turut berpartisipasi menyambut perayaan Hari Perdamaian Internasional yang jatuh  21 September. Perayaan ini berlangsung sehari sebelumnya yakni Minggu, 20 September 2015 di halaman Balai Kota, Jakarta Pusat dengan mengusung tema “Bersama Membangun Indonesia BeraniDamai” yang disampaikan oleh Yenny Wahid, Direktur The Wahid Institute. 
Perhelatan yang dimeriahkan oleh ratusan komunitas yang giat dalam upaya perdamaian ini sangat diperlukan sebagai strategi atau pendekatan sosio-kultural berupa dialog penuh nuansa persaudaraan serta memperkuat rasa kemanusiaan yang berkeadaban.

Dalam kesempatan ini artis Agnez Monica, Sinta Nuriyah Wahid dan Yenny Wahid memukul kentongan saat mengampanyekan #‎BeraniDamai yang selanjutnya disemarakkan oleh berbagai atraksi kesenian yang menarik. Agnez Monica sangat antusias mendukung acara itu dengan membacakan tulisannya yang berjudul “I’m Generation of Love”. 

Pesan yang disampaikan dari tulisan itu adalah agar generasi muda menghentikan penebaran kebencian kepada orang lain, tapi aktif menebar cinta, kasih sayang dan rela menolong orang lain. Agnez Monica juga tampak senang sekali mengapresiasi beberapa komik tema “Pancasila dan Perdamaian” karya Taman Komik Nusantara.

Sudah semestinya kita tidak hanya menyuarakan perdamaian tapi juga berani untuk mengambil langkah menghentikan segala bentuk kekerasan dan intoleransi. Maraknya penyebaran kebencian melalui media sosial juga perlu dihentikan. Dalam suasana hari perdamaian ini, mari hentikan konflik, tindak kekerasan dan intoleransi. 
Bila kita membuka sejarah bangsa Indonesia, perdamaian sudah terbukti menjadi nilai dasar dan fondasi NKRI berdiri, sehingga Indonesia yang sangat beragam atau bhinnekaini bisa terus ada sampai saat ini. Keragaman bangsa Indonesia dari berbagai latar belakang bahasa, suku, budaya dan agama, jelas merupakan energi utama kemajuan bangsa. Kebhinekaan mendorong kita bersikap toleran dan menghargai perbedaan yang melahirkan perdamaian di sekitar kita. Itulah makna penting mengapa istilah Bhinneka Tunggal Ika selalu digelorakan para pendiri bangsa ini.

Pekerjaan terbesar sekarang ini adalah bagaimana merawat nilai budaya Nusantara, tradisi kearifan lokal dan nilai-nilai universal agama. Nilai-nilai itu misalnya berpikir positif, terbuka, gotong-royong dan tidak mudah melakukan tindak kekerasan. Tentu saja kegiatan ini akan selalu mengingatkan warga Indonesia bahwa perdamaian adalah hak semua warga. Ramainya partisipasi warga Jakarta memperlihatkan betapa kita semua mencintai perdamaian. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com