Kamis, 03 September 2015

Taman Komik Nusantara Workshop Dongeng di Museum Nasional

CATATAN : ENDAH PRIYATI
1661223_1078994668779659_6099974517996304189_nALHAMDULILLAH atas anugerah Tuhan dan semesta yang merestui, Taman Komik Nusantara telah mengikuti kegiatan Workshop Dongeng Museum Nusantara sekaligus Peluncuran Buku “Rajasa Wilwatikta” di Museum Nasional (Museum Gajah) pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015, pukul 10.00–18.00 WIB yang dirangkai dengan kegiatan Workshop Penulisan Dongeng Kreatif dan Pentas “Rajasa Wilwatikta” dalam Prosa, Puisi dan Drama. Buku yang kata pengantarnya ditulis oleh Presiden Joko Widodo dan dikemas apik oleh editor Mas Dwi Klik Santosa ini merupakan buku Dongeng Nusantara yang luar biasa yang dapat mengembangkan spirit kecintaan anak bangsa terhadap tradisi lisan dengan latar sejarah dengan suguhan apresiasi sastra.

Dengan penyajian materi workshop yang dikemas menarik ini, para siswa Taman Komik Nusantara yang hadir sekitar 70 orang memperoleh buku “Rajasa Wilwatikta”, sertifikat workshop serta diberi makan siang dan aneka kuliner tradisional secara gratis. Tentu saja ini adalah kehormatan yang luar biasa yang diberikan oleh panitia pada kami disaksikan secara umum oleh sekitar 200 hadirin telah menyuntik semangat mereka untuk terus antusias ingin banyak belajar dan terus mencintai bangsa ini.
11987164_1078995225446270_5480908417973967058_nPara siswa Taman Komik Nusantara menunjukkan sikap mental dan talenta yangmenggembirakan tatkala mengikuti seluruh rangkaian acara dengan seksama dan penuh perhatian. Setelah acara workshop selesai dilanjutkan dengan pementasan para siswa secara teatrikal dan berkolaborasi antar mereka, disutradarai oleh Mas Ayak. M. Hidayat dari Teater Nusantara bersama teman-teman yang datang dari Bogor, Depok dan Jakarta menunjukkan kemahiran yang bagus dengan mengapresiasi kekayaan khazanah Nusantara yang tersimpan dari hasil mengamati koleksi benda Museum Nasional yang berjumlah 16 ribu lebih, mereka lantas bisa menulis dongeng. Ketika disutradarai secara teatrikal, mereka menunjukkan hasil yang hampir paripurna, walaupun hanya berlatih selama 30 menit, mereka berpentas dengan bagus.
Saya pikir kegiatan ini sangat menunjang program pembelajaran sejarah di sekolah dan menumbuhkan kesadaran sejarah dan minat mempelajari kebudayaan bangsa Indonesia yang sangat kaya dan beragam. Indikator diminatinya pelajaran sejarah yang mudah diamati adalah siswa mampu berpikir kritis kreatif bukan menghafal. Siswa cenderung suka wisata ke museum daripada ke mall. Dalam hal ini guru berperan mencerahkan cara pikir, bukan membuat siswa menjadi robot dengan hanya mengerjakan tugas LKS (Lembar Kerja Siswa) di sekolah melulu. Para siswa sebaiknya juga diajak untuk bermain kesenian seperti wayang, gamelan dan pertunjukan kesenian tradisional lainnya agar mereka mengenali dan turut berpartisipasi dalam gerakan sadar pelestarian budaya Nusantara secara sukarela dan penuh rasa memiliki.
Saya Endah Priyati sebagai pendiri Taman Komik Nusantara menghaturkan ucapan terima kasih kepada pihak panitia dari Kinara Kinari dan pihak Museum Nasonal yang telah mengundang kami serta memberi suguhan ilmu bergizi berupa kegiatan spirit kebangsaan yang luar biasa pada kami. Semoga ketulusan budi baik ini terlekat dalam ingatan anak-anak bangsa dan menularkannya pada generasi berikutnya. Salam Cinta Nusantara. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com