Rabu, 15 November 2017

Camat Sebatik Induk : Jangan Menjemur Hasil Tangkapan Laut di Jalan Raya

Ganggu Pengguna Jalan, Pemerintah Setempat Diminta Tegas Lakukan Penertiban


Ruas jalan raya di Kecamatan Sebatik Induk
SEBATIK, KABARKALTARA.CO.ID-Menanggapi isu yang berkembang di media sosial terkait keluhan masyarakat soal ruas jalan yang digunakan oleh warga untuk menjemur udang hasil tangkapan nelayan di Desa Balansiku, ada tanggapan diberikan Camat Sebatik Induk, Muhlis SE MSi. 
Didampingi kepolisian dan Kepala Desa Balansiku, Camat melakukan inspeksi mendadak (sidak), melihat langsung kondisi jalan yang dikeluhkan masyarakat pengguna jalan. 
“Tadi pagi menjelang siang saya didampingi kepolisian dan Kepala Desa Balansiku melakukan sidak, saya mendapati masih banyak warga yang menggunakan jalan untuk menjemur, langsung saya sendiri yang mengangkat dan menutup jemurannya. Saya minta untuk dipindahkan di halaman rumah dan lahan milik masing-masing,” ungkap Muhlis kepada kabarkaltara.co.id, Selasa (14/11/2017). 

Camat menuturkan, persoalan ini sudah lama dan sudah disampaikan kepada warga, namun masih saja ada warga yang menggunakan jalan untuk menjemur udang. Camat dengan tegas melarang warga menggunakan jalan untuk menjemur udang. 
“Saya tidak hanya sekadar mengimbau tapi kami langsung turun ke lapangan mengangkat semua jemuran milik warga yang menggunakan badan jalan. Silakan masyarakat beraktivitas mencari nafkah namun ketertiban umum dan kelancaran jalan raya juga harus kita utamakan. Masih banyak lahan yang bisa digunakan untuk menjemur,” tambahnya. 
Camat Sebatik Induk pun meminta kepada pemerintah setempat baik desa, RT termasuk Babinsa, Babinkamtibmas agar bisa tegas dan konsisten dalam menertibkan masyarakat yang menggunakan jalan raya untuk menjemur. Dalam kesempatan berbeda Kepala Desa Balansiku memberikan informasi soal sidak yang dilakukan oleh pihaknya. 
“Yah kami telah datang ke warga-warga yang menggunakan jalanan untuk penjemuran, kami sampaikan bahwa tidak boleh lagi menggunakan jalanan sebagai tempat penjemuran, ”ujar Kepala Desa Balansiku H Firman. 
Terkait jalan raya yang digunakan warga sebagai tempat penjemuran udang, sempat viral di facebook dan menjadi perbincangan di grup republic demokrasi Sebatik, menanggapi hal ini Yasir sebagai Ketua LSM Ganas Sebatik ikut memberikan pendapatnya. 
“Pada intinya kami sangat mendukung adanya tindakan tegas dari pemerintah terkait hal ini, ketertiban umun dan kelancaran lalu lintas memang harus diprioritasan, memang tidak boleh menggunakan jalan raya sebagai tempat menjemur. Jalan itu hak penguna jalan dan itu diatur di dalam Undang-undang, tapi mengingat hal ini adalah pekerjaan dan penghasilan pokok masyarakat, kami juga meminta pemerintah tidak mematikan usaha dan penghasilan masyarakat,” tegas Yasir. (tim kabarkaltara.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com