Rabu, 05 Desember 2018

Forum TJS SKK Migas-KKKS : Wadah Berbagi dan Informasi Program Kemasyarakatan

Peserta forum tanggung jawab sosial 2018 gelaran SKK Migas-KKKS Kalimantan Sulawesi
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-SKK Migas – KKKS Wilayah Kalimantan dan Sulawesi menggelar Forum Tanggung Jawab Sosial 2018 di Hotel Jatra Balikppaan,  4-5 Desember 2018. . Kegiatan ini diikuti pemerintah provinsi, kabupaten/kota, akademisi dan penerima program TJS dari KKKS. 
Melalui kegiatan ini diungkapkan Senior Manager Kehumasan SKK Migas Kalsul Sebastian Julius, SKK Migas selaku lembaga pengawas dan pengendali KKKS berkewajiban untuk mendorong dan memastikan pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) KKKS berjalan secara efektif dan efesien dengan tata kelola yang baik (good governance).

Namun di sisi lain, pemangku kepentingan di daerah perlu lebih memahami aturan dan mekanisme pelaksanaan TJS Hulu Migas berkaitan dengan sistem kontrak bagi hasil antara Pemerintah dengan KKKS. 
“Untuk itu SKK Migas merasa perlu melakukan upaya peningkatan kompetensi pelaksana TJS SKK Migas – KKKS dan para pemangku kepentingan lainnya dalam menyinergikan  program TJS sesuai kebutuhan dan perkembangan isu sosial di daerah operasi hulu migas” papar Sebastian.
Ditambahkannya secara umum, tujuan diselenggarakannya Forum TJS 2018 ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pelaksana TJS SKK Migas – KKKS dan para pemangku kepentingan lainnya dalam menyinergikan  program TJS sesuai kebutuhan dan perkembangan isu sosial di daerah operasi hulu migas.
Secara khusus, dengan adanya Forum TJS 2018 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para praktisi TJS Industri Hulu Migas dalam melaksanakan pembahasan bersama stakeholder terkait dengan :
a.Menyamakan persepsi antara SKK Migas-KKKS dan pemangku kepentingan utama yang ada di wilayah sekitar operasi migas berkaitan dengan regulasi dan peran pemerintah dalam mendukung industri hulu migas, serta manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sehingga tercapai keselarasan pemahaman mengenai kegiatan TJS.
b.Perkembangan pola pelaksanaan TJS melalui tinjauan akademik dan praktek-praktek terkini pelaksanaan program TJS secara global.  Diharapkan para narasumber dapat memberikan perkembangan terbaru tinjauan akademis tentang pelaksanaan TJS dan best practice apa yang telah dilakukan yang telah terbukti membawa perubahan positif di masyarakat yang lebih efektif dan efisien.
c.Berbagi pengalaman mengenai pola pelaksanaan TJS di luar lingkungan usaha hulu industri migas dan KKKS di luar Kalsul dalam upaya bench marking kualitas pelaksanaan TJS industri hulu migas di Kalsul dan mendapatkan lesson learned dari teori dan best practice yang ada
d. Berbagi pengalaman dalam kaitan upaya-upaya yang diperlukan dalam pencapaian proper emas bersama KKKS yang telah berhasil mencapai proper emas
Output yang diharapkan di antaranya, sharing knowledge, dukungan pemerintah terhadap pelaksanaan program TJS, sharing terkait konsep CSR dari praktisi/akademisi dan SDG’S (Sustainable Development Goals).
“Melalui acara Forum TJS 2018 ini kami harapkan bisa menjadi wadah saling berbagi informasi dan pemahaman terkait program-program TJS yang bermanfaat dan dapat diapalikasikan di masyarakat. Sehingga antara pemerintah daerah, masyarakat dan pelaku kegiatan hulu migas dapat bersinergi dalam menyukseskan program-program  pembangunan pemerintah dan program TJS yang KKKS lakukan,” tutup Sebastian. (*/kk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081254235977, 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com