Kamis, 17 Agustus 2023

Kalimantan Kepulauan Majemuk dan Berkebudayaan : Dihuni Beberapa Suku yang Sudah Dikenal

Catatan : Suriansyah (Prof) - Ketua Umum Gepak Kuning 

SEKADAR mengingatkan kembali  kepada seluruh masyarakat di Pulau Kalimantan, bahwa di Provinsi-provinsi di Kepulauan Kalimantan itu ada beberapa suku dan adat. Di Kalimantan ini terdapat suku yang sudah mempunyai gelar kerajaan, kesultanan dan pangeran. Alhasil, Kalimantan itu adalah kepulauan yang majemuk dan berkebudayaan serta dihuni oleh beberapa suku yang sudah dikenal. 

Suku-suku itu di antaranya Suku Banjar, Kutai, Paser, Dayak, Melayu dan Tidung. Dengan sangat jelas, jadi jangan sampai ada beberapa oknum yang mengklaim, bahwa Kalimantan hanya dihuni satu suku saja. 

Mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, bahwa IKN berada di Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan kota penyangga IKN adalah Kota Balikpapan atau biasa dikenal dengan sebutan Kota Minyak. 

Kalimantan juga memiliki lima wilayah provinsi seperti : Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Utara (Kaltara) yang seyogyanya memiliki rasa bangga dengan ditetapkan Provinsi Kalimantan Timur sebagai IKN. 

Provinsi lain yang berada di satu kepulauan tentu harus mendukung dengan ditetapkan IKN di Tanah Provinsi Kalimantan Timur. Seperti halnya di Jakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia, provinsi lainnya seperti Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar) dan lainnya yang berada pada satu wilayah kepulauan mendukung Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081254235977, 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com