Rabu, 09 Agustus 2023

Rusman Riadi, Mahasiswa Pulau Sebatik yang Lolos Finalis Duta Maritim Aspeksindo 2023

Rusman Riadi bersama anak-anak pesisir Pulau Sebatik Provinsi Kalimantan Utara
SEBATIK, KABARKALTARA.CO.ID - Prestasi yang membanggakan, diraih mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan, Universitas Muslim Indonesia, Rusman Riadi. Mahasiwa dari Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara ini, menjadi salah satu finalis Duta Maritim Aspeksindo 2023. Dalam kompetisi yang ketat itu, Rusman Riadi S adalah satu-satunya yang terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Utara pada tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta 11 - 17 Agustus 2023. 

Kompetisi ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun yang ke-6   Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo). Acara tersebut akan dilaksanakan di Gedung Nusantara V DPR/MPR RI, Jakarta, turut dihadiri sejumlah tokoh penting, di antaranya Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Wakil Presiden RI  KH Ma’aruf Amin beserta para kepala daerah dan sejumlah menteri. 

Rusman Riadi (paling kiri) menjadi Finalis Duta Maritis Aspeksindo 2023
Kepada media online kabarkaltara, Rusman mengatakan, alasannya mengikuti kompetisi ini untuk mengangkat potensi kemaritiman yang ada di daerahnya dan membantu UMKM yang ada. “Potensi yang ada di provinsi kami (Kalimantan Utara) ini bukan cuma hanya batu bara saja, tetapi ada banyak potensi SDA yang melimpah. Seperti potensi kemaritiman yang harus  dikenalkan ke seluruh wilayah Indonesia, " tutur Rusman, Rabu 9 Agustus 2023. 

Menjadi informasi, sejumlah 100 pemuda dan pemudi terbaik Nusantara menjalani seleksi ketat hingga berhasil mengukir prestasi sebagai Finalis Duta Maritim Indonesia 2023. Proses seleksi melibatkan berbagai tahap, mulai dari pemberkasan data pribadi, penulisan esai hingga pembuatan video yang menggambarkan potensi maritim di daerah masing-masing. 

Tidak ketinggalan, tahap wawancara pun dilangsungkan secara daring, menuntut para finalis  menunjukkan kemampuan dan wawasan mereka. Namun, perjalanan mereka belum usai, setelah meraih posisi sebagai finalis, dalam bursa kompetisi ini, tantangan semakin berat seiring dengan persaingan dengan 100 finalis terpilih, putra-Putri terbaik dari masing-masing provinsi di seluruh Indonesia. (yasir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081254235977, 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com