Rabu, 09 September 2015

Ini Dia Poin Paket Kebijakan Pemerintah

JAKARTA.KABARGROUP - Rabu kemarin (9/9/15) Presiden Jokowi di dampingi beberapa menterinya, menyampaikan pidato tentang paket kebijakan ekonomi dalam rangka menyikapi kondisi perekonomian Indonesia terkait perekonomian dunia saat ini.
Dalam pidatonya, Presiden mengatakan bahwa paket kebijakan ini dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Presiden Joko Widodo menyebutkan, beberapa langkah yang akan diambil
adalah kepastian usaha dan pemangkasan birokrasi bagi para investor, di mana pemerintah akan merombak lebih dari 80 peraturan yang terkandung duplikasi/double peraturan perizinan di dalamnya.
“Selain itu, kami juga menyiapkan 17 rancangan peraturan pemerintah dan peraturan presiden, dua instruksi presiden, 63 peraturan menteri, dan lima peraturan lain,” Presiden menjelaskan.




Presiden melanjutkan, penyederhanaan peraturan-peraturan itu menjadi "PR" pemerintah dengan target penyelesaian pada bulan ini dan bulan depan (Oktober),“Ini adalah paket pertama dan nanti akan ada kelanjutan paket lainnya, kedua dan ketiga,” Presiden melanjutkan, bahwa paket pertama ini termaktub di dalamnya adalah penekanan dan konsentrasi pada perombakan proses birokrasi berbasis online.

“Saya yakin paket kebijakan pertama ini akan memperkuat industri nasional, akan mengembangkan usaha UMKM dan perdagangan antar-daerah, pariwisata bergairah, menjadikan kesejahteraan nelayan membaik dengan meningkatkan produksi ikan tangkap dan hemat BBM dengan konversi solar ke elpiji,” beber  Presiden dalam pidatonya.

Penyederhanaan peraturan yang akan dilakukan pemerintah ini juga diimbangi dengan kebijakan strategis lain, di antaranya adalah mempercepat pembangunan sektor properti untuk masyarakat ekonomi bawah, lalu percepatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan menurunkan suku bunga hingga 12 % pertahun di mana pemerintah akan memberikan subsidi bunga. (jp)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Info Cuaca Kaltara

Redaksi

Penasehat: Suyoso Nantra SSos MM, Pemimpin Umum : Tomo Widodo, Wakil Pemimpin Umum : Abdul Rahman, Dewan Redaksi: Ir Lusiano SH MBA, Tomo Widodo, SHut, Max Oroh, Andi M Firzan, SH, Anton Hidayat SHut. Pemimpin Redaksi: Sahruddin SPd.,SE, Redaktur Pelaksana: Max Oroh Redaktur: Juli Prastomo, Munawar, Kepala Biro Sebatik : Sahruddin SPd.,SE, Biro Nunukan : Harry Kurniawan, Sahabuddin, Staf Redaksi: H Ponidi HB, Budyastono, M. Usman Jakatalu, Andi Ar Evrai, Kontributor Yogyakarta dan Sekitarnya: Drs Raga Afandi, Bayu Sukma P, SE. Kontributor Kaltara: M Imam. Fotografer: H Ponidi HB Manager Umum & EO: Abdul Rahman Manager Keuangan: Anton Hidayat, SHut Manager Iklan: Sam A Widodo Koordinator IT: Juli Prastomo. Staff IT: Muhmamad Fathur, Max Oroh, Penerbit: PT Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081250278889, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com